Ini Dia 5 Cara Bersihkan Evaporator AC Mobil

Cara Membersihkan Evaporator

Salah satu faktor yang menjamin kenyamanan pengendara mobil adalah AC mobil. Jika AC mobil Anda mulai menurun performanya, maka Anda patut mengetahui bagaimana cara membersihkan evaporator AC mobil.

Artikel kali ini akan membahasnya buat Anda dan membagikan tutorial cara benar dalam membersihkan evaporator AC mobil. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kapan Sebaiknya Membersihkan Evaporator AC Mobil?

Evaporator AC yang merupakan komponen penting pada pendingin mobil perlu dijaga kebersihannya agar tetap bisa bekerja dengan baik. Jika Anda tidak tahu kapan harus membersihkan komponen ini, Anda bisa menandainya melalui beberapa kondisi.

Anda perlu membersihkan evaporator AC jika udara yang keluar dari sistem pendingin mobil ini tidak dingin lagi dan ada terdengar suara bising yang cukup mengganggu saat AC dinyalakan.

Jadwal pembersihan evaporator AC sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau bisa juga setahun sekali. Demi kenyamanan selama berkendara, Anda perlu memperhatikan hal ini.

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Membersihkan evaporator pendingin jadi kegiatan wajib buat Anda yang ingin merawat AC mobil kesayangan.

Namun, sebelum membersihkan evaporator AC pastikan alat-alat pembersih sudah siap, mesin sudah dimatikan, dan Anda sudah mengetahui persis letak dari evaporator AC mobil yang akan dibersihkan.

Untuk membersihkannya Anda perlu mengetahui step by step paling tepat seperti yang diuraikan berikut ini.

1. Melepaskan Filter AC

Melepaskan filter AC jadi langkah awal proses pembersihan evaporator AC. Untuk melepaskan komponen ini, Anda perlu membuka glove box terlebih dahulu.

Setelah filter AC terlepas Anda bisa membersihkan kotoran-kotoran yang menempel dengan sikat atau kuas kecil.

Bersihkan secara perlahan agar komponen pada filter tidak rusak. Jika filter AC Anda terlalu kotor, Anda bisa melakukan penggantian dengan filter baru untuk meningkatkan performa AC mobil Anda.

2. Membersihkan Saluran Air pada Komponen AC

Anda juga perlu membersihkan saluran air AC untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat yang menyebabkan bau tak sedap saat AC dinyalakan. Anda bisa menyemprot dengan air secara perlahan agar kotoran terangkat.

Anda juga bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan bagian saluran air dari AC mobil.

3. Mengganti Freon dan Kompresor AC

Freon atau refrigerant harus diganti secara berkala agar udara yang dikeluarkan AC tetap dingin. Refrigerant yang sudah lama atau kadaluarsa menyebabkan AC mobil tidak dingin lagi.

Selain itu, Anda juga perlu mengganti kompresor AC yang menjadi komponen utama pada AC mobil. Penanda kompresor AC perlu diganti yaitu ketika udara yang keluar dari AC tidak dingin lagi dan muncul suara bising saat AC dihidupkan.

4. Membersihkan Komponen Evaporator AC Lainnya

Anda perlu membersihkan seluruh komponen evaporator AC yang lainnya juga. Terdapat beberapa komponen evaporator AC yang sulit dijangkau saat dibersihkan.

Untuk itu, Anda membutuhkan alat khusus atau bisa juga meminta bantuan teknisi AC untuk membersihkannya.

5. Mengecek Kinerja AC

Setelah melakukan langkah pembersihan evaporator AC, Anda bisa melakukan pengecekan kinerja AC. Anda bisa menghidupkan mobil dan mengaktifkan AC mobil dan menyetel semua level AC mulai dari rendah ke yang paling tinggi.

Jika kinerja AC belum sesuai dengan yang diharapkan dan udara yang keluar tidak terlalu dingin. Maka, Anda perlu mengecek lagi kondisi evaporator AC mobil Anda.

Penutup

Cara membersihkan evaporator AC mobil yang sudah sama-sama kita bahas bisa menjadi panduan Anda. Namun jika Anda ragu untuk membersihkan sendiri AC mobil Anda, Anda bisa meminta bantuan teknisi AC mobil yang terbukti lebih ahli.

Agen Mesin Cold Storage, Alat Mesin Cold Storage, Aneka Mesin Cold Storage, Beli Mesin Cold Storage, Daftar Harga Mesin Cold Storage, Distributor Mesin Cold Storage, Harga Mesin Cold Storage, Importir Mesin Cold Storage, Jual Mesin Cold Storage, Lelang Mesin Cold Storage, Mesin Cold Storage, Mesin Cold Storage Aceh, Mesin Cold Storage Astro, Mesin Cold Storage Bali, Mesin Cold Storage Balikpapan, Mesin Cold Storage Bandung, Mesin Cold Storage Banjarmasin, Mesin Cold Storage Banten, Mesin Cold Storage Batam, Mesin Cold Storage Bekasi, Mesin Cold Storage Bengkulu, Mesin Cold Storage Bogor, Mesin Cold Storage China, Mesin Cold Storage Cilacap, Mesin Cold Storage Cirebon, Mesin Cold Storage Denpasar, Mesin Cold Storage Depok, Mesin Cold Storage Fomac, Mesin Cold Storage Garut, Mesin Cold Storage Gea, Mesin Cold Storage Getra, Mesin Cold Storage Indonesia, Mesin Cold Storage Jakarta, Mesin Cold Storage Jambi, Mesin Cold Storage Kalimantan, Mesin Cold Storage Kendari, Mesin Cold Storage Lampung, Mesin Cold Storage Lombok, Mesin Cold Storage Madura, Mesin Cold Storage Makassar, Mesin Cold Storage Malang, Mesin Cold Storage Maluku, Mesin Cold Storage Manado, Mesin Cold Storage Medan, Mesin Cold Storage Murah, Mesin Cold Storage Padang, Mesin Cold Storage Palangkaraya, Mesin Cold Storage Palu, Mesin Cold Storage Papua, Mesin Cold Storage Pekanbaru, Mesin Cold Storage Pontianak, Mesin Cold Storage Purwokerto, Mesin Cold Storage Riau, Mesin Cold Storage Samarinda, Mesin Cold Storage Semarang, Mesin Cold Storage Solo, Mesin Cold Storage Sulawesi, Mesin Cold Storage Surabaya, Mesin Cold Storage Taiwan, Mesin Cold Storage Tangerang, Mesin Cold Storage Tarakan, Mesin Cold Storage Tasikmalaya, Mesin Cold Storage Tegal, Mesin Cold Storage Yogyakarta, mesin murah, murah, Pabrik Mesin Cold Storage, Pemenang LPSE Mesin Cold Storage, Pengadaan Mesin Cold Storage, Spesifikasi Mesin Cold Storage, Tender Mesin Cold Storage, toko mesin astro, Toko Mesin Cold Storage

© 2024 Cold Storage Dewi Salju

Cold Storage Dewi Salju (Gudang 60)

Kami Menyediakan Cold Storage / Gudang Pendingin, untuk Freezer, Chiller, Air Blast Freezer, Cold Room, Clean Room, Walk in Freezer, Walk in Chiller, Murah di Jakarta

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security