Mesin Cold Storage: Komponen dan Cara Perawatannya

Mesin Cold Storage

Mesin cold storage banyak dibutuhkan untuk keperluan industri di berbagai bidang. Karena itu, tidak ada salahnya bagi para pemiliknya untuk memahami dan mengetahui lebih banyak mengenai mesin satu ini. Mulai dari komponen sampai dengan cara perawatannya.

Cold storage terbilang memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek industri. Terutama, untuk mempertahankan kualitas dari sebuah produk agar tidak mudah rusak. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memahami lebih jauh mengenai mesin ini.

Mengenai Mesin Cold Storage

Pengertian mesin cold storage adalah mesin yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suatu ruangan atau suatu area. Jadi, apapun yang disimpan pada ruangan dan area tersebut mendapatkan pengaruh suhu dingin.

Pada level rumah tangga, dikenal peralatan lemari es untuk mendinginkan makanan dan menjaga bahan makanan tetap segar. Cold storage yang digunakan di industri memiliki prinsip yang sebenarnya tidak jauh berbeda.

Namun, dengan kapasitas yang lebih masif dan keperluan yang lebih besar. Mesin ini dirancang khusus agar bisa bertahan di suhu tertentu. Selain itu, biasanya ukurannya jauh lebih besar dengan menggunakan refrigerasi kompresi uap.

Ada banyak jenis mesin yang digunakan di industri biasanya dibedakan berdasarkan suhu yang bisa dicapai dan dipertahankan oleh mesin.

Jenis Mesin Cold Storage yang Biasa Digunakan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis mesin pendingin yang digunakan di dunia industri. Biasanya, dibedakan berdasarkan suhu yang bisa dicapai dan dipertahankan oleh mesin.

Berikut adalah jenis-jenis cold storage yang seringkali digunakan di bidang industri:

1. Chilled Room:  10 Sampai Dengan  0 Derajat Celcius

Jenis pertama yang cukup sering digunakan adalah chilled room yang bisa mencapai suhu mulai dari 10 derajat. Kemudian, suhu terendahnya adalah 0 derajat celcius. Suhu ini ideal untuk menyimpan bahan makanan yang segar.

Misalnya saja, sayuran dan juga buah yang memang pada dasarnya mudah membusuk. Penyimpanan di ruang ini bisa membuat bahan makanan bertahan sampai dengan dua bulan.

2. Freezer : -15 Sampai Dengan -20 Derajat Celcius

Freezer bisa mencapai temperatur yang lebih rendah dibandingkan dengan chilled room. Bahkan, suhu yang dicapai selalu berada di bawah 0 derajat celcius. Rata-rata temperatur yang dicapai adalah -15 derajat sampai dengan -20 derajat celcius.

Suhu inti ideal untuk menyimpan bahan makanan seperti daging-dagingan, ikan, sampai dengan susu. Dengan begitu kualitasnya bisa lebih mudah dipertahankan dan lebih awet.

3. Blast Chiller: 1 Sampai Dengan 4 Derajat Celcius

Jenis mesin cold storage ketiga adalah blast chiller yang digunakan untuk pengawetan namun cenderung jangka pendek saja. Karena suhunya tidak pernah sampai di bawah 0 derajat celcius dan sekitar 1 sampai dengan 4 derajat celcius saja.

Bahan makanan atau produk yang disimpan pada mesin ini bisa dicairkan dan langsung digunakan. Karena tidak dibuat terlalu membeku oleh mesin.

4. Blast Freezer -25 Sampai Dengan -35 Derajat

Mesin satu ini bisa memenuhi kebutuhan pembekuan yang cepat dan penyimpanan dalam jangka panjang. Suhu yang bisa dicapai oleh mesin ini terbilang yang paling rendah dibandingkan dengan yang lainnya.

Suhunya bisa mencapai -25 derajat bahkan sampai dengan -35 derajat. Tidak heran, jika produk yang dimasukkan di dalam mesin ini akan dapat membeku dengan cepat.

Komponen dari  Mesin Cold Storage

Untuk dapat menjalankan fungsinya yang optimal, tentu saja ada komponen yang mendukung kerja mesin ini. Mesin pendingin pada dasarnya terdiri atas dua bagian komponen yaitu pada bagian utama dan bagian pendukung.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai komponen mesin cold storage dari dua bagiannya:

1. Komponen Utama Cold Storage

Bagian cold storage yang utama terdiri atas 4 komponen vital yaitu kondensor, kompresor, evaporator dan alat ekspansi. Keempat komponen ini yang paling penting karena komponen inilah yang bisa menciptakan dingin yang dibutuhkan oleh mesin.

Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai keempat komponen ini:

Kondensor adalah bagian untuk memindahkan panas yang dihasilkan oleh proses kondensasi. Karena adanya perubahan fase uap menjadi cair pada bagian refrigerant.

Kompresor adalah bagian yang menekan uap refrigeran agar temperatur maupun tekanan uap di dalam refrigeran menjadi tinggi.

Alat Ekspansi merupakan bagian untuk menurunkan tekanan pada refrigeran cair. Bagian ini juga berfungsi untuk mengatur seberapa banyak refrigeran yang masuk ke dalam evaporator.

Evaporator berfungsi untuk menyerap panas dari udara sekitar ruangan. Kemudian, mengubah fasa refrigeran dari uap jenuh menjadi bentuk cair.

2. Komponen Pendukung

Keempat komponen utama yang disebutkan di atas tidak akan bisa bekerja dengan maksimal jika tidak didukung dengan komponen pendukung lain. Komponen pendukung yang dimaksud di sini seperti sight glass, liquid receiver, solenoid valve, dan sebagainya.

Komponen pendukung memiliki fungsi utama untuk menjaga dan mempertahankan tekanan di dalam mesin. Dengan begitu mesin juga bisa mempertahankan temperatur yang ada pada sistem.

Perawatan Mesin Cold Storage

Perawatan pada mesin perlu dilakukan agar mesin tidak hanya bekerja dengan baik namun awet digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, agar temperatur yang dihasilkan oleh mesin selalu stabil dan sesuai dengan kebutuhan.

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan proses perawatan. Berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap:

1. Hindari Suhu Luar Masuk Ke Dalam Mesin

Ketika memasukkan produk ke dalam ruang pendingin, para pengguna harus memastikan agar suhu luar tidak masuk ke dalam mesin.

Caranya sangat sederhana yaitu dengan segera menutup ruang pendingin. Lakukan sesuai dengan standar penyimpanan produk yang berlaku.

2. Lakukan Pemeriksaan dan Pembersihan dengan Rutin

Pada periode tertentu lakukan pemeriksaan dan pembersihan pada mesin yang digunakan. Bisa dalam satu bulan sekali atau mungkin dua bulan sekali. Namun, jangan memberikan rentang waktu yang terlalu lama.

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan yang menyeluruh saat pemeriksaan. Hal ini penting untuk memutuskan langkah pencegahan maupun perbaikan.

Mesin Cold Storage Terbaik dari Cold Storageds

Untuk menunjang usaha yang Anda lakukan penting untuk memilih mesin pendingin terbaik. Karena itu, Anda harus mendapatkannya dari pihak yang memang sudah mengenal dan profesional mengenai mesin pendingin.

Cold Storageds adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan cold storage terbaik. Tidak hanya sekedar menjual mesin pendingin untuk kebutuhan industri Anda.

Kami juga menyediakan layanan perawatan secara rutin pada setiap klien kami. Jadi, tidak hanya mendapatkan produk dengan kualitas terbaik. Namun juga, penanganan profesional selama Anda menggunakan mesin dari Cold Storageds.

Penutup

Pastikan mesin cold storage yang digunakan memiliki kualitas yang baik bahkan terbaik. Jika Anda penasaran dengan penyedia produknya. Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap di alamat website resminya yaitu coldstorageds.com dan kontak yang tertera.

Agen Mesin Cold Storage, Alat Mesin Cold Storage, Aneka Mesin Cold Storage, Beli Mesin Cold Storage, Daftar Harga Mesin Cold Storage, Distributor Mesin Cold Storage, Harga Mesin Cold Storage, Importir Mesin Cold Storage, Jual Mesin Cold Storage, Lelang Mesin Cold Storage, Mesin Cold Storage, Mesin Cold Storage Aceh, Mesin Cold Storage Astro, Mesin Cold Storage Bali, Mesin Cold Storage Balikpapan, Mesin Cold Storage Bandung, Mesin Cold Storage Banjarmasin, Mesin Cold Storage Banten, Mesin Cold Storage Batam, Mesin Cold Storage Bekasi, Mesin Cold Storage Bengkulu, Mesin Cold Storage Bogor, Mesin Cold Storage China, Mesin Cold Storage Cilacap, Mesin Cold Storage Cirebon, Mesin Cold Storage Denpasar, Mesin Cold Storage Depok, Mesin Cold Storage Fomac, Mesin Cold Storage Garut, Mesin Cold Storage Gea, Mesin Cold Storage Getra, Mesin Cold Storage Indonesia, Mesin Cold Storage Jakarta, Mesin Cold Storage Jambi, Mesin Cold Storage Kalimantan, Mesin Cold Storage Kendari, Mesin Cold Storage Lampung, Mesin Cold Storage Lombok, Mesin Cold Storage Madura, Mesin Cold Storage Makassar, Mesin Cold Storage Malang, Mesin Cold Storage Maluku, Mesin Cold Storage Manado, Mesin Cold Storage Medan, Mesin Cold Storage Murah, Mesin Cold Storage Padang, Mesin Cold Storage Palangkaraya, Mesin Cold Storage Palu, Mesin Cold Storage Papua, Mesin Cold Storage Pekanbaru, Mesin Cold Storage Pontianak, Mesin Cold Storage Purwokerto, Mesin Cold Storage Riau, Mesin Cold Storage Samarinda, Mesin Cold Storage Semarang, Mesin Cold Storage Solo, Mesin Cold Storage Sulawesi, Mesin Cold Storage Surabaya, Mesin Cold Storage Taiwan, Mesin Cold Storage Tangerang, Mesin Cold Storage Tarakan, Mesin Cold Storage Tasikmalaya, Mesin Cold Storage Tegal, Mesin Cold Storage Yogyakarta, mesin murah, murah, Pabrik Mesin Cold Storage, Pemenang LPSE Mesin Cold Storage, Pengadaan Mesin Cold Storage, Spesifikasi Mesin Cold Storage, Tender Mesin Cold Storage, toko mesin astro, Toko Mesin Cold Storage

© 2024 Cold Storage Dewi Salju

Cold Storage Dewi Salju (Gudang 60)

Kami Menyediakan Cold Storage / Gudang Pendingin, untuk Freezer, Chiller, Air Blast Freezer, Cold Room, Clean Room, Walk in Freezer, Walk in Chiller, Murah di Jakarta

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security